Monday, October 12, 2015

Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara

loading...


Kerajaan Tarumanegara adalah kerajaan hindu tertua di pulau Jawa yang tepatnya berada di wilayah Jawa Barat. Bukti adanya kerajaan taruma negara dapat kita lihat dari adanya prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara. Berikut ini adalah beberapa prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara :

Ada 7 prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara. Lima diantaranya ditemukan di daerah Bogor, Jawa Barat. Satu prasasti lainnya ditemukan di daerah Tugu, Cilincing Jakarta Utara dan satu lainnya ditemukan di Lebak, Jawa Bara.


Prasasti Ciaruteum

prasasti peninggalan kerajaan tarumanegara

 

Prasasti Ciaruteum ditemukan di dekat muara sungai Cisadane. Prasasti itu ditulis pada satu batu besar disertai  cap sepasang telapak kaki. Terjemahan tulisan prasasti itu adalah :

“ ini bekas sebuah kaki yang seperti kaki dewa Wisnu, ialah kaki Yang Mulia Purnawarman, raja negeri Taruma yang gagah berani di dunia”

Prasasti Kebon Kopi

Prasasti kebon kopi ditemukan di Cibungbulang, Bogor. Dalam prasasti ini terdapat gambar dua telapak gajah yang disamakan dengan telapak gajah Airawata (gajah kendaraan dewa Wisnu). Terjemahan tulisan prasasti itu antara lain :

“ di sini tampak sepasang dua telapak kaki......yang seperti Airawata, gajah penguasa Taruma (yang) agung dan (?) kejayaan”
Isi prasasti kebon kopi tidak dapat dibaca seutuhnya karena ada bagian tulisan yang sudah usang.


Prasasti jambu

Prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara ini ditemukan di bukit Kolengkak, termasuk perkebunan jambu, kira-kira 30 km sebelah barat Bogor. Prasasti ini berisi sanjungan kebesaran, kegagahan, dan keberanian Raja Purnawarman.


Prasasti Tugu

Prasasti ini ditemukan di daerah Tugu, Cilincing, Jakarta Utara. Prasasti ini merupakan peninggalan kerajaan Taruma negara yang terpanjang dan terpenting. Isinya antara lain tentang penggalian sebuah saluran sepanjang 6112 tumbak ( kurang lebih 11 km ), hyang bernama gomati. Penggalian itu dilakukan pada tahun ke- 22 pemerintahan Raja Purnawarman. Pekerjaan penggalian selesai dilakukan dalam waktu 21 hari. Setelah selesai diadakan selamatan dimana raja memberikan hadiah 1000 ekor sapi kepada para Brahmana.
Selain itu, prasasti Tugu juga menyebutkan penggalian sungai bernama Candrabraga.

Prasasti Pasir Awi dan Muara Cianten

Prasasti peninggalan kerajaan Taruma negara ini ditulis dengan huruf ikal dan belum dapat dibaca hingga saat ini.


Prasasti Lebak

Prasasti Lebak ditemukan pada tahun 1947 yang terdiri dari dua baris kalimat. Corak tulisan mirip dengan tulisan pada prasasti Tugu. Isinya memuji kebesaran dan keagungan raja Purnawarman.

Demikianlah penjelasan mengenai prasasti peninggalan kerajaan tarumanegara. Semoga dengan tulisan ini kita bisa mengetahui mengenai peninggalan kerajaan taruma negara.  

loading...
Prasasti Peninggalan Kerajaan Tarumanegara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush